Makna Dibalik Kisah Terciptanya Lagu Let It Be Bagi McCartney

Makna Dibalik Teciptanya Lagu Let It Be Bagi McCartneyKisah dibalik terciptanya lagu Let It Be dari band The Beatles yang sangat terkenal sepanjang masa. McCartney merupakan guitarist sekaligus salah seorang vocalist band, merupakan sang pencipta lagu tersebut. Ternyata Let It Be tidak hanya sekedar lagu biasa, bagi McCartney sangatlah penuh dengan makna. Berkaitan erat dengan mendiang ibunya yang mendatangi dia dalam mimpi untuk memberikan semangat, serta keyakinan untuk menyikapi keadaan dan bangkit kala McCartney merasa terpuruk.

Dan inilah kisah dibalik terciptanya lagu Let It Be. Music Males akan menceritakannya untuk Anda.

Ketika McCarney baru berusia 14, ibunya meninggal dunia. Sang ibu pernah menjadi perawat, seorang pekerja keras karena ingin yang terbaik bagi keluarga dan anak-anaknya. Mereka bukan dari keluarga berada. Tidak memiliki mobil, dan hanya memiliki televisi. Dengan keadaan itu, kedua orang tuanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Ibunya menanggung setengah dari biaya hidup keluarga. Malam hari sang pulang, lalu memasak, jadi mereka tidak punya banyak waktu satu dengan yang lainnya. Tapi bagi McCarney, hanya kehadiran ibunyalah yang menyenangkan dalam hidupnya.

Ketika ibunya meninggal, itu merupakan salah satu hal tersulit dalam hidup. Seriring waktu berlalu, McCarney tumbuh beranjak dewasa. Dan perlahan mulai sulit untuk mengingat wajah ibunya, kecuali dengan bantuan melihat foto. Itu adalah hal yang wajar dan terjadi pada setiap orang.

Saat tersulit bagi band dan McCartney karena banyak masalah

Musim gugur 1968, merupakan saat tersulit yang dilalui oleh Paul McCarney. Itu adalah akhir karir The Beatles, dan mereka sedang melanjutkan album baru White Album. Sebagai sebuah group, mereka mulai dirundung masalah. Dalam benak Paul McCartney merasa The Beatles akan bubar. Seperti kebanyakan orang, ketika hidupnya mendapatkan kesulitan. Dalam kegalauan, Ia sering begadang sampai larut malam, minum, menggunakan narkoba, dan clubbing.

Ketika itu, McCartney belum beristri. Ia masih jomblo, bujangan tinggal seorang diri dalam rumah di St. John Wood, London. Sementara orang yang lain, semua sudah tinggal bersama pasangannya. Dalam benak McCarney berpikir, mungkin inilah saatnya dia untuk menemukan seseorang (pasangan).

Mimpi indah McCarney bertemu mendiang ibu

Paul merasa lelah. Beberapa malam, ia tidur dan hanya membaringkan kepala di atas bantal. Lalu ketika ia terjaga, merasakan sulit untuk bangkit, berpikir, “Good job saya telah terbangun atau saya mungkin telah tercekik.”

Lalu di suatu malam, dalam keadaan antara tidur nyenyak dan insomnia. Paul mengalami mimpi paling indah tentang ibunya, yang telah meninggal ketika ia baru berusia 14 tahun.

Jadi dalam mimpi ini, dua belas tahun kemudian, sang ibu muncul. Dan tampak wajahnya benar-benar jelas, terutama matanya. Padahal Paul sudah agak melupakan wajah tersebut. Ia berkata kepada McCarney dengan sangat lembut, sangat meyakinkan: “. Biarlah” (“Let it be”).

Makna lagu Let It Be bagi McCartney

Mimpi yang sangat indah bagi McCartney. Dia terbangun dengan perasaan yang luar biasa. Itu benar-benar seperti sang ibu mengunjunginya di titik yang sangat sulit dalam hidup. Dan memberi pesan ini: Lemah lembutlah, jangan melawan keadaan, teruslah mencoba dengan mengikuti arus, dan itu semua akan berhasil.

Sebagai seorang musisi, lalu McCarney langsung menuju piano dan mulai menulis lagu: “Ketika diri saya sendiri mengalami masa-masa sulit, Ibunda Maria datang kepada saya” … (“When I find myself in times of trouble, Mother Mary comes to me”…) Maria adalah nama ibunya McCarney “…Mengucapkan kata-kata bijak, biarlah. Pasti akan ada jawaban, biarlah.” (“Speaking words of wisdom, 'let it be. There will be an answer, let it be'.”).

Tidak butuh waktu lama. McMcaney menulis inti isinya sekaligus jadi. Dan kemudian bait-bait selanjutnya dikembangkan dari sana: “Ketika semua orang yang hidup di dunia patah hati sepakat, pasti akan ada jawaban, biarlah.” (“When all the broken-hearted people living in the world agree, there will be an answer, let it be.”)

McCarney pikir itu istimewa. Maka ia memainkan lagu tersebut di depan orang lain dan mempertunjukkan kepada orang-orang yang di sekelilingnya. Lagu ini kemudian menjadi judul album, karena memiliki banyak arti bagi McCarney. Dan karena tampak definitif, tiga suku kata kecil. "Plus, ketika sesuatu terjadi seperti itu, seolah-olah menyihir, saya pikir itu memiliki resonansi yang orang lain merasakan juga", ujar McCarney.

Let It Be, menjadi jampi-jampi untuk orang lain

Tak lama setelah mimpi itu, McCarney bersama dengan Linda, yang ia anggap sebagai penyelamat. Seolah ibunyalah yang telah telah mengirim Linda, bisa dikatakan seperti itu.

Lagu ini juga merupakan salah satu yang pertama kali dikerjakan McCarney bersama Linda dalam bermusik. Suatu hari, mereka pergi ke Abbey Road Studios, di mana tempat sesi rekaman berada. McCarney tinggal di dekatnya dan biasanya sering hanya sekedar mampir ketika mengetahui engineer berada di sana, dan bekerja masing-masing walau hanya sedikit.

Dan ia hanya berpikir, “Oh ini bakalan bagus mencoba harmoni dalam pikiran, dan meskipun Linda bukan penyanyi profesional". McCarney sering mendengar Linda bernyanyi di sekitar rumah, dan tahu bahwa ia sering bernyanyi dengan nyaring sambil bisa memegang catatan. Jadi dia mencobanya, dan bekerja sambil merekamnya. Anda dapat mendengar itu sampai hari ini.

Kini, lagu tersebut telah menjadi hampir seperti himne. Dinyanyikannya pada upacara peringatan mengenang Linda. Dan setelah 11 September (peristiwa bom WTC New York) banyak radio memutarnya. Ini menjadi pertimbangan bagi McCartney untuk menyanyikannya ketika konser amal di New York City. Bahkan sebelum 11 September, biasanya orang melongok keluar dari mobil maupun truk dan berkata, “Yo, Paul, biarlah.” (“Yo, Paul, let it be.”)

Let it be. Menjadi kata-kata yang benar-benar sangat istimewa bagi McCartney. Karena tidak hanya ibunya datang kepadanya dalam mimpi, tapi juga meyakinkan McCarney bersama orang-orang ketika mengalami masa-masa sulit. Dan tentu saja, menjadi lebih baik setelah itu. Tetapi juga, MCCarney memasukkannya ke dalam sebuah lagu. Dan merekamnya dengan The Beatles, menjadi sesuatu yang menyenangkan untuknya, jampi-jampi penyembuh untuk orang lain juga.
Let It Be – The Beatles

Sumber: mattandjojang.wordpress.com

Let It Be

When I find myself in times of trouble
Mother Mary comes to me
Speaking words of wisdom
Let it be.

And in my hour of darkness
She is standing right in front of me
Speaking words of wisdom
Let it be.

Let it be, let it be, let it be, let it be
Whisper words of wisdom
Let it be.

And when the broken-hearted people
Living in the world agree
There will be an answer
Let it be.

For though they may be parted there is
Still a chance that they will see
There will be an answer
Let it be.

Let it be, let it be, let it be, let it be
There will be an answer
Let it be.

And when the night is cloudy
There is still a light that shines on me
Shine until tomorrow
Let it be.

I wake up to the sound of music
Mother Mary comes to me
Speaking words of wisdom
Let it be.

Let it be, let it be, let it be, let it be
There will be an answer
Let it be.

Let it be, let it be, let it be, let it be
Whisper words of wisdom
Let it be...
Sumber: https://www.thebeatles.com/song/let-it-be


Ketika saya menemukan diri saya berada di saat-saat sulit
Ibu Maria datang padaku
Berbicara kata-kata bijak
Biarlah.

Dan di saat kegelapan saya
Dia berdiri tepat di depanku
Berbicara kata-kata bijak
Biarlah.

Biarkan, biarlah, biarlah, biarlah
Ucapkan kata-kata bijak
Biarlah.

Dan saat orang-orang yang patah hati
Tinggal di dunia sepakat
Akan ada jawaban
Biarlah.

Sebab meski mereka mungkin berpisah disana
Masih ada kemungkinan mereka akan melihatnya
Akan ada jawaban
Biarlah.

Biarkan, biarlah, biarlah, biarlah
Akan ada jawaban
Biarlah.

Dan saat malam mendung
Masih ada cahaya yang menyinari saya
Bersinar sampai besok
Biarlah.

Aku terbangun dengan suara musik
Ibu Maria datang padaku
Berbicara kata-kata bijak
Biarlah.

Biarkan, biarlah, biarlah, biarlah
Akan ada jawaban
Biarlah.

Biarkan, biarlah, biarlah, biarlah
Ucapkan kata-kata bijak
Biarlah...

Google Translate

Video Clip


Makna Dibalik Kisah Terciptanya Lagu Let It Be Bagi McCartney
Reviewed by Music Males
Rating:5

Komentar